Sniffing (Melihat Aktivitas Orang Lain Dalam Satu Jaringan Internet)

 
Pada dasarnya dalam sebuah jaringan internet akan ada paket data yang lalu lalang untuk berkomunikasi satu sama lain sehingga dapat menampilkan informasi yang kita inginkan. Paket data yang berkomunikasi dapat membawa apa saja yang ada di internet untuk ditampilkan kepada kita, selain itu paket data yang lalu lalang tersebut dapat memuat informasi seperti IP Address, nama jaringan informasi sensitif seperti pasword media sosial, cookies dan lain sebagainya. Paket data tersebut dapat di capture dan siamati untuk melihat informasi apa yang dibawa oleh setiap paket yang lewat. tindakan mengamati paket data yang lewat inilah yang dinamakan sniffing.  
 
Dalam aktivitas sniffing kita memerlukan sebuah tools yang secara khusus di desain untuk dapat mengamati lalu lintas jaringan dalam satu jaringan internet, tools itu bernama Wireshark, untuk proses instalasi dan pengenalan wireshark sudah ada di blog ini silahkan cari dalam daftar isi atau klik tulisan Wireshark berwarna biru. Oke lanjut, untuk memudahkan kita dalam mengamati paket yang berlalu lalang kita dapat memfilternya dengan fasilitas yang sudah disediakan.
 
Kolom filter
 
gambar diatas adalah kolom filter, lalu apa yang di filter dan kenapa harus di filter. yang difilter adalah jenis Protocolnya, jenis protokol ada banyak contohnya seperti dalam gambar berikut;
 
 


Setiap protokol memiliki fungsi masing-masing yang sudah dibagi oleh penyedia dan organisai tertentu, teman-teman dapat mencarinya di google dengan kata kunci jenis dan fungsi protokol dalam jaringan internet. Lalu kenapa harus di filter, seperti yang sudah di jelaskan diawal bahwa paket yang masuk akan terdeteksi dalam wireshark sehingga wireshark akan bergulir sesuai lalu lintas paket, untuk memudahkan dalam mengamati kita dapat memisahkan protokol mana yang akan kita amati. Jika sudah kita dapat melihat lebih dalam aktivitas lalu lintas jaringan dengan melakukan Stream. berikut adalah cara melakukan stream, langkah pertama lakukan capture untuk lebih mudah, langkah kedua cari protokol yang mengindikasikan membawa informasi yang kita butuhkan, kemudian klik kanan pada protokol dan cari pilihan follow dan stream.
 
 
Berikut adalah informasi yang diperoleh ketika kita melakukan stream kedalam sebuah protokol.
 
 
Gambar diatas adalah informasi asli dari sebuah paket yang berlalu lalang di jaringan internet, dalam informasi yang sebenarnya ini kita dapay menemukan informasi seperti username password social media atau Akun Mobile banking. Kegiatan ini dapat dilakukan jika kita berada dalam satu jaringan dengan target, kegiatan sniffing ini dapat dikatakan kegiatan yang susah-susah gampang karena kita bisa melihat informasi tertentu yang di capture jika kita jeli dalam mengamati, proses ini membutuhkan kesabaran yang lumayan dan latihan. tapi yang paling penting jangan gunakan cara ini untuk tindak kejahatan apapun yang melanggar hukum. walaupun sedari awal penulis memperkenalkan tools ini dapat melihat username pasword tapi fungsi sebenarnya tools ini digunakan untuk melakukan analisa terhadap keamanan jaringan.  hal yang perlu di ingat adalah jangan mengakses/login media sosial atau akun M bangking melalui wifi umum, karena kita tidak tau ada orang yang sedang mengamati lalulintas jaringan yang kita gunakan itu atau tidak. seperti tindakan diatas.
 
Sekian informasi yang dapat selancarinfo bagikan, Thanks. 
 
Disclaimer: 
"Semua informasi yang tersedia di situs ini adalah untuk tujuan pendidikan saja bukan untuk berbuat kejahatan. kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan informasi apapun untuk tindakan illegal. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan langsung atau tidak langsung yang disebabkan karena penggunaan informasi yang disediakan di situs ini."
 
 
Next Post Previous Post