Perlindungan Data Pribadi


Pentingnya Perlindungan data Pribadi
 
Sudah banyak tulisan sebenarnya yang membahas tentang pentingnya menjaga data pribadi di Internet, namun hal itu belum sepenuhnya memberikan kesadaran dan kewaspadaan krpada masyarakat awam akan pentingnya menjaga data pribadi di internet, dalam pembahasan ini tidak membahas tentang kebocoran data yang disebabkan oleh kerentanan sebuah sistem e commerce melainkan akan membahas bagaimana pengguna internet dengan sengaja tanpa sadar memberikan data pribadi mereka untuk ditampilkan ke publik, data pribadi yang ditampilkan sebenarnya tidak teralalu berbahaya jika hanya dilihat oleh orang biasa tanpa adanya motif dan kemampuan tertentu dalam bidang internet.

Data yang dianggap biasa itu akan menjadi berbahaya jika dilihat dan dimanfaatkan oleh orang lain yang memiliki kemampuan dibidang IT dan memiliki motif tertentu. Tindakan yang dapat dilakukan dengan modal data pribadi itu seperti halnya mengkloning akun bank, Membuat pinjaman online atas nama kita, menggunakannya untuk mengidentifikasi jati diri kita, melakukan sebuah penipuan atas nama kita, dan masih banyak lagi.
 
Persebaran data pribadi sebagian besar berada di media sosial, akun belanja online dan aplikasi pinjaman online. Masyarakat awam menganggap media sosial bukan sebuah hal yang perlu diwaspadai karena diasumsikan semuanya akan baik-baik saja, tapi sebaliknya hal inilah yang membuat banyak orang kemudian tidak sadar bahwa mereka menyebarkan informasi sensitif yang sewaktu waktu dapat dimonitoring oleh orang lain. 

Akun belanja online sebenarnya tidak terlalu menakutkan seperti media sosial yang informasinya cenderung sangat terbuka, dalam akun belanja online data pribadi tidak ditampilkan secara langsung dan tidak terlalu sepesifik seperti media sosial. tapi belakangan ini terdapat beberapa kasus kebocoran data pribadi akibat dari kerentanan sistem dan serangan cracker, tentu hal ini perlu diwaspadai.
 
Di dunia nyata apakah kita mau untuk memberikan identitas kita kepada orang lain yang tidak dikenal, tentunya kita akan berfikir dua kali untuk memberikannya, tapi anehnya di internet data pribadi itu mudah didapatkan dan tidak perlu keahlian khusus untuk mencari hal yang dianggap sebagai privacy di dunia nyata. Darimana data pribadi itu berasal, Jawabnnya adalah dari kita sendiri yang memasukan atau menampilkan nya di media sosial. Lalu apa saja sebenarnya data pribadi yang harus di jaga di internet. berikut adalah data yang seharusnya tidak disebar di media sosial:
  • Informasi tempat tanggal lahir
  • Nama lengkap ibu kandung
  • alamat tinggal
  • foto diri formal 
  • jenis kelamin
  • riwayat pendidikan
  • pekerjaan 
  • Jumlah saudara kandung
  • Nomor fisik yang ada di Kartu Atm 
 
Banyak kasus dimana seseorang mendapat tagihan dari akun belanja online yang mengatasnamakan dirinya, seseorang membeli suatu barang dengan pinjaman online menggunakan  informasi pribadi milik orang lain sehingga tagihan dari pinjaman online itu akan mengarah kepada orang yang memiliki data pribadi tersebut. dikasus lain, seseorang membuat akun fake dengan informasi pribadi orang lain dengan tujuan penipuan. Dua hal itu adalah contoh tindakan yang dapat dilakukan dengan modal data pribadi orang lain, tentunya hal ini akan sangat merugikan banyak pihak, maka dari itu mulai saat ini kita perlu waspada terhadap informasi pribadi kita yang ada di media sosial, khusunya beberapa hal penting diatas. 

Data diatas tidak akan tercatat dengan sendirinya di internet kecuali di input oleh kita sendiri, penting kemudian untuk menjaga privasi diri kita sendiri mulai dari informasi pribadi yang ada di media sosial, lalu bagaimana keamanan data pribadi di akun e commerce, data pribadi yang ada di akun belanja online dilindungi oleh pihak penyedia e commerce jadi kita tidak perlu khawatir akan hal itu. dan perlu diketahui indonesia sekarang sudah mempunyai RUU PDP (Perlindungan data Pribadi) yang akan menjadi titik tumpu upaya perlindungan data pribadi. 

Dengan Mengetahui hal ini kita tidak diarahkan untuk takut untuk menggunakan media sosial tapi disarankan untuk lebih waspada karena banyak hal yang dapat dilakukan oleh orang lain dengan motif tertentu hanya bermodalkan data pribadi.

 Sekian Informasi yang dapat dibagikan oleh selancarinfo, thanks. 
 
Next Post Previous Post