Apa itu IP Address dan MAC Address

IP Address adalah susunan angka unik yang menjadi identitas perangkat saat terhubung ke internet, IP address (Internet Protocol address) terdiri dari susunan angka 8 bit yang akan berubah secara dinamis ketika suatu perangkat terhubung ke jaringan internet. IP Address terbagi dalam dua bagian yaitu IP Publik dan IP Private, IP Publik adalah alamat IP yang digunakan dalam jalur umum/publik jaringan internet, untuk mendapatan IP publik pengguna harus melakukan registrasi ke penyedia jaringan internet atau organisasi yang menangani pemakaian IP. Sederhannya pada saat kita ingin mengakses internet kita membutuhkan kartu provider dan kartu provider baru dapat digunakan setelah kita mendaftarkannya, barulah kemudian kita dapat menggunkan kartu provider itu sebagai media akses internet. 
 
Sedangkan IP private adalah IP yang diperoleh dari jaringan lokal (LAN) sehingga tidak memerlukan registrasi, secara sederhana IP private adalah IP yng digunakan untuk jarinan yang tidak terhubung ke internet, misalnya untuk LAN, misalnya dalam sebuah warnet biasanya memiliki satu IP Publik untuk terhbung ke internet kemudian komunikasi antar sesama komputer dalam jaringan warnet menggunkan IP private (Jaringn LAN).  Untuk mengetahui berapa IP private kita bisa menggunakan perintah ipconfig pada terminal atau cmd. Selanjutnya untuk mengetahui IP publik pengguna kita bisa menggunakan media website seperti https://www.whatsmyip.org atau website sejenis lainnya berikut adalah contoh  IP Address publik yang diketahui menggunakan media website; 
 
 
 
Gambar diatas memuat ip address saya dan aplikasi yang saya gunakan sewaktu mengakses website, informasi yang ditawarkan website tersebut cukup lengkap dan dapat melakukan pelacakan terhadap IP publik orang lain. untuk melakukan cek IP private kalian bisa menggunakan media cmd yang ada di windows atau terminal dengan mengetik perintah ifconfig. tambahan untuk mengetahui IP adress sebuah website dapat menggunakan perintah whois. Whois adalah cara untuk mengetaui ip address suatu website, banyak website yang menyediakan fasilitas whois namun informasi yang diperoleh akan berbeda-beda. minimal kita akan memperoleh IP address dari sebuah website. IP adsress juga digunakan sebagai media untuk melacak seseorang yang berinteraksi dengan internet. untuk akurasinya sendiri tergantung pada mesia yang kita gunakan dan apakah target menggunakan vpn atau alat sejenis yang dapat menyamarkan ip address atau tidak.  


 
MAC Address (Media Access Control Address) adalah suatu kode unik yang terdiri dari huruf dan angka yang merepresentasikan suatu identitas suatu perangkat, kode unik tersebut memiliki panjang 48 bit (6 bita) , Mac address juga dikenal dengan hardware adress, physical address atau bisa juga disebut ethernet address. secara sederhana MAC address adalah alamat fisik suatu interface jaringan. MAC Address yang berupa kode unik berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat keras jaringan komputer sehingga perangkat bisa berkomunikasi dan mendapatkan akses internet.
 
Dalam kegiatan ethical hacking nantinya akan selalu bertemu dengan IP address, karena dapat dikatakan IP addrees ini adalah objek vital dalam suatu jaringan internet, bahkan dengan media ip address seseorang dapat melakukan kontrol pada suatu komputer dan dapat menguasainya. Ip address juga digunakan dalam melacak seseorang yang melakukan kejahatan di internet “cracker” karena ip address dapat memberikan informasi berupa letak komputer atau media akses internet itu berada.
 
 
Disclaimer: 
"Semua informasi yang tersedia di situs ini adalah untuk tujuan pendidikan saja bukan untuk berbuat kejahatan. kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan informasi apapun untuk tindakan illegal. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan langsung atau tidak langsung yang disebabkan karena penggunaan informasi yang disediakan di situs ini."
 
Next Post Previous Post