Virtual Machine (Mesin virtual dalam sistem operasi)

 
 
 
 
 
 

 

Pengertian Virtual Machine :
 
Virtual machine adalah sebutan untuk mekanisme menjalankan sistem operasi/perangkat lunak yang berbeda dalam satu perangkat keras. sederhananya, jika teman-teman ingin belajar Sistem operasi ubuntu, Kali Linux, atau Mac os sekalipun, tapi teman-teman hanya punya satu laptop yang sudah terinstall Sistem operasi windows maka dengan cara ini teman-teman bisa menjalankan sistem operasi yang diinginkan menggunkan aplikasi Virtual Machine.
 
Adapun penggunaan hardware oleh sistem operasi yang dijalankan menggunakan Virtual Machine dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak mempeberat sistem operasi utama yang kita gunakan. didalam masing-masing jenis Virtual machine telah tersedia Menu setting untuk mengatur alokasi hardware yang ingin digunakan. Sedikit tips jika melakukan pengaturan Hardware untuk menjalankan OS di Vm diusahakan penggunaan prossesor dan RAM seimbang atau menyesuaikan kebutuhan tapi tetap harus memprioritaskan OS utama. karena jika terjadi ketimpangan alokasi maka OS utama akan mengalami lag dan akan berimbas pada kinerja laptop.
 
Virtual Machine (VM) Biasanya digunakan untuk menjalankan sistem operasi guna untuk kegiatan tertentu, dalam virtual Machine ini kita dapat menginstal banyak sistem operasi sehingga dapat membuat laptop/komputer menjadi lebih fungsional. sistem operasi yang dijalankan menggunakan VM akan menggunakan stengah hardware pada komputer/laptop, misalnya dalam komputer jumlah cpu nya ada 4 inti maka akan di bagi menjadi 2 dengan jumlah seimbang (tergantung jumlah core dan keinginan dalam melakukan setting). sistem operasi yang alsi biasanya akan di utamakan karena sistem operasi utama akan berguna menjalankan sistem operasi VM. Jika pembagian hardware tidak seimbang akan menyebabkan gagal loading ataupun sistem komputer menjadi terganggu dan alhasila komputer menjadi panas. Maka dari itu settingan yang di anjurkan adlah dengan membagi sama rata jumlah hardware yang akan di gunakan oleh sistem operasi fisik maupun sistem operasi VM. 
 
Keuntungan menggunakan vm adalah kita dapat menggunakan berbagai sistem operasi tanpa membeli device nya dan tanpa melakukan dual boot pada komputer, penggunaannya pun cukup stabil dengan kostumisasi langsung tanpa ada yang perlu di khawatirkan, walaupun banyak keuntungan Penggunaan vm ini akan menyebabkan komputer menjadi cepat panas karena semua fungsi hardware digunakan secara bersamaan.  
 
 
Software Virtual Machine yang populer:
 
1. Oracle VirtualBox
 
VirtualBox adalah software atau aplikasi yang dikembangkan pertama kali oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH) Pada February 2008. kemudian Innotek GmbH diakuisisi oleh Sun Microsystem dan saat ini menjadi milik Oracle setelah pengakuisisian Sun Microsystem. VirtualBox mudah digunakan dan cara settingnya pun tidak ribet dan yang paling utama adalah aplikasi ini tidak berbayar (gratis) yang dapat diunduh langsung dari official websitenya yang akan disertakan dibawah artikel ini. 
 
 
layout: VirtualBox
 
 
2. VM Ware Work station Player 
 
VM Ware Work station Player adalah software atau aplkasi yang dikembangkan oleh oleh VMware.inc yang didirikan pada tahun 1998 dan berpusat di Palo Alto, California. VM Ware gratis untuk versi standar dan berbayar untuk Akun Pro. VMware dapat menjalankan berbagai sistem Operasi didalamnya seperti Mac Os X, Windows, Linux dan lain sebagainya. Berikut tampilan VMware. 
 
 
 
3. Parallel VM
 
Parallel VM adalah virtual machine yang versi pertamanya dikembangkan oleh ORNL Pada tahun 1989, kemudian dikembangkan dari awal lagi oleh Universitty of Tennessee versi 2 pun dirilis pada bulan maret 1991, kemudian versi 3 dirilis 2 tahun berselang yaitu pada tahun1993. Parallel VM berbayar namun jika teman-teman ingin mencobanya ada versi trial yang disediakan pengembang.
 
 
 
 
 
 
Link download VM:
 
VirtualBox: klik disini
 
VMware : klik disini
 
parallel VM: klik disini
 
 
 
Cara install Virtual Machine:
 
Cara install aplikasi Virtual Machine tidak berbeda dengan cara menginstall aplikasi Dekstop lainnya, namun perbedaannya adalah ketika kita menginstall VirtualMachine di laptop harus menyesuaikan mekanisme instalasi Sistem operasi yang kita gunakan. misal sistem operasi yang digunakan adalah Mac Os X maka cara instalnya menyesuaikan mekanisme install MacOS. begitu juga dengan Windows dan Linux.
 
 
 
 
sekian informasi yang dapat selancarinfo bagikan, thanks.
 
 
disclaimer: 
"Semua informasi yang tersedia di situs ini adalah untuk tujuan pendidikan saja bukan untuk berbuat kejahatan. kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan informasi apapun untuk tindakan illegal. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan langsung atau tidak langsung yang disebabkan karena penggunaan informasi yang disediakan di situs ini."
 
Next Post Previous Post